Cara Mengatasi Layar Menguning Otomatis POCO X3 NFC

Daftar Isi [Show]

Dipenghujung akhir tahun ini Xiaomi menggebrak pasaran Indonesia dengan smartphone yang mereka labeli dengan tagline "The real midrange killer", POCO X3 NFC. Bayangkan dengan harga 3 jutaan kalian bisa mendapatkan layar Full HD+ dengan frame rate terbaik dikelasnya, 120Hz. Memang ada brand sebelah yang ngasih frame rate setinggi itu?. Kayaknya gak. Selain layar, spesifikasi hardware lainya juga membuat pecinta smartphone dibuat geleng-geleng kepala. Kamera utama 64 Mp dari Sony, Stereo Speaker, Baterai ukuran jumbo 5.160 mAh. Kurang apalagi coba?. Pantas saja HP ini sekarang mendapat julukan HP "GHOIB", karena memang sudah beberapa flashsale selalu habis dan banyak yang tidak mendapatkanya. Untungnya saya termasuk yang beruntung bisa mendapatkannya, apalagi saya mendapatkan versi RAM 8 Gb dengan storage 128 Gb yang bisa dibilang LANGKA.

Cara Mengatasi Layar Menguning Otomatis POCO X3 NFC

Setelah menggunakan hampir satu bulan ini saya mengeluhkan jika layar POCO X3 ini menguning dengan sendirinya. Awalnya saya sih menganggap kalau menguningnya layar ini terlihat normal karena layar POCO X3 NFC ini sudah mendapatkan sertifikat TÜV Rheinland. Setelah saya browsing apa itu TÜV Rheinland semakin menguatkan anggapan saya jika layar ini normal-normal saja. Ya intinya TÜV Rheinland itu mengurangi radiasi cahaya biru.

Coba kalian pemilik POCO X3 NFC membuka video HDR, ketikan saja "HDR" dikolom pencarian youtube. Nanti pasti layar secara otomati menguning. Tapi jika video tersebut ditutup, layar kembali normal. Jadi kelihatan normal-normal saja kan?.

Tapi kenyataanya tidak, ketika saya browsing menggunakan aplikasi CHROME dan mau Copy dan Paste, tiba-tiba layar menguning juga. Bahkan setelah chrome saya tutup, warna masih saja menguning (warna menjadi pucat lah, gak enak pokoknya kalau dilihat). Nah dari sini saya merasa ada yang tidak normal.

Sebelumnya saya memang pernah membaca postingan digroup yang mengeluhkan warna menguning secara otomatis, seperti yang saya katakan sebelumnya, saya menganggap normal karena TÜV Rheinland itu. Sebelum saya mengalami masalah yang sama di POCO X3 NFC saya. Layar menguning.

Akhirnya saya membuka group, memang ada solusinya. Tapi menurut saya hanya sementara. Mereka menyarakan untuk uninstal update aplikasi chrome. Menurut saya sih bukan solusi. Karena saya termasuk tipe orang yang selalu ingin aplikasi paling up to date. Ada juga yang menyarankan untuk restart HP. Masa iya harus restart hp tiap mengalami layar menguning.

Saya jadi kepikiran kalau membuka youtube HDR dan menutup kembali pasti layar kembali normal. Saya lakukan hal yang sama ketika layar saya menguning. Memang "Berhasil". Tapi masa iya harus begitu terus-terusan kalau layar menguning.

Iya sih menguningnya layar ini hanya ada didua kondisi, yaitu memutar youtube HDR dan salin di aplikasi chrome. Kalau yang youtube saya tidak masalah karena konten-konten saat ini (khususnya di Indonesia) jarang yang HDR. Kalaupun ada yang HDR kalau videonya ditutup kan kembali normal lagi. Tapio yang kalau salin diaplikasi chrome menurut saya sangat mengganggu karena saya tiap hari pastilah buka chrome. Ya kalau misal aplikasi chrome ditutup layar kembali normal. Ternyata tidak malah membuat pucat warna disemua aplikasi. Bahkan setelah background chrome dihapus masih saja menguning.

Tapi untungnya saya menemukan cara untuk mengatasi layar menguning sendiri di POCO X3 NFC

Cara Mengatasi Layar Menguning POCO X3 NFC

  1. Buka Chrome
  2. Pada bagian search web address ketikkan chrome://flags dan tekan Enter
    Cara Mengatasi Layar Menguning Otomatis POCO X3 NFC

  3. Nanti akan terbuka halaman dan ketikkan di kolom pencarian #dynamic-color-gamut
  4. Ubah default menjadi Disabled
    Cara Mengatasi Layar Menguning Otomatis POCO X3 NFC

  5. Restart aplikasi chrome dengan menekan Relaunch
  6. Selesai

Atau tonton 


Silakan sekarang coba kembali untuk copy paste di chrome. Saya jamin tidak akan menguning dengan sendiri.

Ya semoga POCO mendapatkan update software. Karena saya yakin ini hanyalah BUG semata.

Owh ya sebentar lagi POCO saya akan saya UBL / Unlock BootLoader. Niatnya akan saya pasang TWRP, ganti ROM kebanggaan saya (xiaomi.eu), dan yang pasti root. Karena saya ingin membuka frame rate 90 Hz. Nantikan kelanjutanya diblog ini, sigaptech.com :)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar